Perbedaan Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis

FAKTOR

ADMINISTRASI PERKANTORAN

ADMINISTRASI BISNIS

TUJUAN

Meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat

Mengusahakan keabadian kelangsungan hidup organisasi

MOTIF

Pemberian service yang seefisien, seekonomis dan seefektif mungkin kepada warga negaranya

 

Keuntungan yang wajar atas modal yang telah ditanam.

SIFAT PELAYANAN

Pemerintah berkewajiban melayani. Semua warga negara dengan perlakuan yang sama

Membedakan service, karena motif untukmencari keuntungan

WILAYAH YURIDIKSI

Wilayah kekuasaan yang sama luasnya dengan Wilayah kekuasaan Negara

Tidak punya wilayah kekuasaan hanya. Wilayah operasi yang luasnya dapat sama lebih kecil/luas dari kekuasaan Negara

KEKUASAAN

Memperoleh kekuasaan dari rakyat

Kekuasaan terletak pada besarnya modal, keterampilan dan teknis manajerial

ORIENTASI POLITIK

Aparat dan personalianya sebagai abdi rakyat berorientasi politik netral

Menjalankan politik pilihannya secara memihak dan menganut aliran yang sekiranya akan membantu usahanya

CARA BEKERJA

Proses  lebih lamban dibanding Administrasi Bisnis

Proses administrasi niaga kegiatanya lebihsering didasarkan pada approach programmatis daripada legalistis

Advertisements

2 thoughts on “Perbedaan Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s